Sabtu, 20 Maret 2010

Bunga Kamboja





Kamboja
Bunga Tropis Yang Eksotis
Bungatropis satu ini memang elok dipandang. Kuntum bunganya membentuk rossetdengan semburat warna terang di tengahnya. Bunganya beraroma harumlamat-lamat membuat kamboja seolah menyimpan pesona mistis. Belakangan,kamboja semakin digemari karena mengandung aneka manfaat.

Banyak orang mengira kamboja berasal negara Kamboja. Dugaan ini kelirukarena ternyata tanaman ini berasal dari daratan Amerika Tengah.
Kamboja(Plumeria SP) ditemukan Charles Plumier (1646-1706), botanis asalPerancis. Untuk mengingat sang penemu, nama belakang charles Plumierdiabadikan menjadi nama latin bunga ini.

Keluarga Kamboja
Kapandan bagaimana kamboja menyebar ke Indonesia, tak ada data yang pasti.Menurut beberapa sumber, tanaman kamboja menyebar ke Indonesia melaluiBelanda.
Satu hal yang pasti, Indonesia juga memiliki varietaskamboja asli: jenis kamboja berbunga putih dengan bagian dalam berwarnakuning. Bunganya berukuran kecil dengan kelopak yang tidak terbukapenuh saat mekar. Kamboja jenis ini banyak di temukan di Jawa dantempat-tempat peribadatan di Bali.
Pakar botanis menemukan empatjenis (spesies) kamboja: plumeria obtusa, plumeria pudica, plumeriarubra dan plumeria acutifolia. Selain empat jenis di atas, ada pulaRubra Tricolor atau Rubra Hybrid yang merupakan hasil silangan.
Jenissilangan ini biasanya memiliki tanda berupa warna bunga yang bervariasidan berkelopak besar. Varietas plumeria rubra, misalnya, ditandai ujungdaun dan kelopak bunga runcing. Sedangkan plumeria obtuse ditandaidengan ujung daun dan kelopak membulat.

Karakteristik Kamboja
Kamboja sangat cantik sebagai elemen taman. Banyak area taman publik,perkantoran dan halaman rumah menjadi asri dengan kehadiran bunga ini.Sosok keseluruhan tanaman ini sangat eksotis dengan bentuk batang yangsangat artistik dan dekoratif.
Sebetulnya, kamboja termasuk tanamansekulen (banyak mengandung air). Pohonnya bisa bertahan hidup hinggapuluhan tahun dan mencapai tinggi 7-10 meter. Daunnya berwarna hijaudengan urat daun jelas terlihat.
Bisa dibilang, kamboja dapatberbunga sepanjang tahun. Bahkan, pada bulan-bulan tertentu kambojaberbunga banyak. Tangkai bunga muncul dari ujung batang, pada setiaptangkai bunga bisa dijumpai puluhan kuntum bunga. Biasanya, kambojaberbunga serentak, namun ada jenis tertentu yang bergantian.

Mudah Berkembang-biak
Umumnya, kamboja mudah berkembang-biak. Bisa dengan penyemaian bijiatau stek batang. Tanaman ini juga bisa tumbuh di dataran tinggi danrendah. Satu hal yang perlu diperhatikan, kamboja termasuk tanamansekulen yang sering kekurangan air. Namun, bila kelebihan air batangnyamenjadi busuk karena virus. Kamboja juga suka sinar matahari sepanjanghari, jadi tanamlah di area terbuka.
Untuk media tanam, sebaiknyagunakan media porus (tidak mengikat air). Misalnya, tanah kebun, pasirkasar dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1. Siram secukupnya 2kali dalam seminggu.
Selain ditanam di lahan terbuka, kamboja jugaterlihat cantik bila ditanam dalam pot. Pot dari semen cor ukuran besarpaling cocok untuk kamboja. Hindari pot plastik karena lembab dansistem drainasenya kurang baik.
Agar tampil prima, beri pupuk NPKsetiap enam bulan sekali. Tanaman ini jarang terserang penyakit. Ulatdan belalang pengerat tak menyukai daun dan batangnya yang bergetah.Yang sering kita jumpai justru daun layu akibat serangan kutu dan virusdaun.
Hindari penyakit layu daun dengan menjaga kebersihan mediadan lakukan penyemprotan fungisida dan insektisida secara berkala.

Mengobati Berbagai Penyakit
Selain cantik dipandang, kamboja juga menyimpan sejuta manfaat. Getahputih yang terdapat di seluruh bagian tanaman mengandung fuvoplumierin.Zat ini dipercaya dapat mencegah pertumbuhan bakteri. Bunganya yangcantik bermanfaat sebagai obat turun panas, batuk melancarkan air senidan buang air besar.
Senyawa lain, seperti plumerid yang terdapatdalam kulit batang dapat menyembuhkan tumit pecah-pecah. Satu hal yangperlu diperhatikan, hindari getah kamboja dari mulut dan mata. Zataktif yang terkandung di dalamnya dapat membuat gigi rontok dan merusakmata.

1 komentar: